Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik

By | Agustus 4, 2018

Selamat datang kembali di situs kesehatan alami yang akan memberitahukan berbagai informasi kesehatan tubuh dan berbagai pengobatan penyakit yang sedang dialami. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik yang penting untuk anda ketahui. Simak ulasanya berikut ini … !

8 Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik Penting Untuk Diketahui

Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik Penting Diketahui

Anemia Megaloblastik adalah salah satu jenis anemia yang ditandai dengan ciri sel darah merah yang lebih besar dari ukuran normalnya. Hal ini karena sel darah merah tidak mengalami pembelahan dan tidak berkembang dengan sempurna, sehingga bisa berakibat pada penurunan jumlah sel darah merah.

Baca : Gejala Penyakit Anemia Megaloblastik

Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik

Berikut ini ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya Penyakit Anemia Megaloblastik, diantaranya yaitu :

  • 1. Akibat kekurangan asupan vitamin B12

vitamin B12

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan Penyakit Anemia Megaloblastik yaitu akibat dari kekurangan asupan vitamin B12. Mengingat vitamin yang satu ini merupakan salah satu asupan yang sangat penting dalam tubuh.

Hal ini umumnya disebabkan akibat dari pola makan yang tidak sempurna seperti daging merah, susu, ikan, telur dan menu makanan lainya. Sehingga memicu kurangnya kandungan vitamin B12 dalam tubuh.

  • 2. Akibat metabolisme vitamin B12

Penyebab munculnya Penyakit Anemia Megaloblastik yang berikutnya yaitu akibat dari metabolisme vitamin B12 dalam tubuh. Kondisi ini tidaklah kalah penting untuk menghindari gangguan Penyakit Anemia Megaloblastik. Meski vitamin B12 diserap dan dipenuhi, namun defisiensi B12 bisa disebabkan karena kekurangan protein di dalam lambung.

  • 3. Akibat kekurangan asupan folat

Asupan makanan asupan folat

Ada juga penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik yang berikutnya yaitu bkakurangan asupan folat. Hal ini biasanya terjadi akibat merupakan beberapa menu makanan seperti daging merah dan susu.

Selain itu bisa juga akibat dari memasak sayuran dengan menggunakan air yang mendidih dengan suhu yang terlalu tinggi, sehingga kandungan folat dalam sayur hilang.

Maka dari itu, penting untuk anda memperhatikan berbagai menu makanan, agar kebutuhan folat dalam tubuh bisa terpenuhi dan bisa terhindar dari gangguan Penyakit Anemia Megaloblastik.

  • 4. Akibat malaborsi folat

Malaborsi folat juga bisa menjadi salah satu Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik. Sebab hal ini bisa membuat konsumsi alkohol dalam tubuh meningkat dan kehamilan bisa mengakibatkan tubuh menyerap folat dengan takaran yang minim dari biasanya.

  • 5. Infeksi bakteri

Bakteri yan muncul di dalam tubuh juga bisa saja mengganggu kadar normal vitamin B12 di dalam tubuh. Maka dari itu penting untuk anda menjaga cara meningkatkan daya tahan tubuh, agar terhindar dari beragam bakteri yang bisa membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

  • 6. Akibat kondisi medis lainya

Terdapat pula beeberapa kondisi medis yang bisa menjadi Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik seperti leukimia, infeksi HIV, penggunaan obat anti kejang, mengkonsumsi obat kemoterapi, myelofibrosis dan kondisi medis lainya. Berbagai kondisi medis tersebut bisa memicu timbulnya penyakit Anemia Megaloblastik yang bisa mengganggu kesehatan tubuh anda.

  • 7. Efek samping obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Penggunaan obat-obatan tertentu bisa mengganggu kestabilan DNA yang ada di dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih mudah terkena gangguan Anemia Megaloblastik.

  • 8. Penyalahgunaan Alkohol

Penggunaan alkohol yang tidak baik juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya gejala Penyakit Anemia Megaloblastik. Hal ini karena kandungan alkohol bisa mengakibatkan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh, salah satunya mudah untuk mengalami gangguan Anemia Megaloblastik.


Selain beberapa penyebab diatas, gangguan penyakit Anemia Megaloblastik juga bisa disebabkan akibat dari kelainan bawaan, sehingga penting sekali untuk mengetahui bagaimana caranya memutus bawaan ini agar tidak berkelanjutan ke setiap generasi yang ada.

Kondisi penyakit Anemia Megaloblastik ini tidaklah jauh berbeda dengan penyakit anemia lainya, dampak dari kondisi tersebut bisa mengarah pada distribusi hemoglobin dan oksigen ke seluruh tubuh mengalami penurunan. Hal ini tentunya bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Mengingat hemoglobin dan oksigen merupakan bagian penting dalam menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Bayangkan apabila hingga terjadi kekurangan oksigen pada jantung maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik terhadap tubuh.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik yang perlu anda ketahui dan anda cegah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Terimakasih atas kunjungannya … 🙂

Penyebab Penyakit Anemia Megaloblastik Penting Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *