Waspada Bahaya Akibat Penyakit Radang Telinga Tengah

By | Oktober 6, 2018

Waspada Bahaya Akibat Penyakit Radang Telinga Tengah yang perlu anda ketahui, agar anda bisa lebih hati-hati lagi dengan tejadinya radang telinga bagian tengah ( congek ). Untuk mengetahui bahaya dari radang telinga tengah, silahkan anda simak informasi berikut !

Waspada Bahaya Akibat Penyakit Radang Telinga Tengah

Waspada Bahaya Akibat Penyakit Radang Telinga Tengah

Radang telinga tengah ( otitis media ) atau orang awam sering menyebutnya dengan istilah congek merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada telinga yang sifatnya akut atau kronis.

Terjadinya peradangan ini biasanya diawali dengan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan atas ( ISPA ) seperti radang tenggorokan atau pilek yang menyebar pada telinga bagian tengah melalui saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan rongga di belakang hidung dan tenggorokan bagian atas ( eustachius ).

Siapa Yang Lebih Berisiko Terkena Radang Telinga Tengah ?

Semua usia mungkin bisa terkena radang telinga tengah termasuk orang dewasa. Meski demikian, radang telinga tengah justru lebih rentan terjadi pada anak-anak. Berdasarkan data dari WHO diperkirakan ada 90% manusia yang pernah mengalamai otitis media sebelum umur 2 tahun.

Hal ini dikarenakan saluran tuba di telinga tengah anak anak memiliki jarak yang begitu dekat dan datar. Sehingga anak anak yang mengalami ISPA akan beresiko terserang kondisi peradangan pada telinga tengah.

Gejala Radang Telinga

Mereka yang mengalami masalah peradangan pada telinga tengah bisa merasakan beberapa keluhan seperti :

  • Telinga terasa nyeri
  • Demam, Pusing dan Gelisah
  • Telinga berair (congek)
  • Mengalami gangguan pendengaran dan Keseimbangan

Nah, apabila anda atau anak anda mengalami beberapa keluhan diatas, maka segeralah untuk melakukan penangannya dengan tepat dan cepat. Apabila anda terlambat dalam melakukan penangannya, maka radang telinga yang terjadi bisa membuat anda mengalami gangguan pendengaran yang cukup serius.

Cara Mencegah Radang Telinga

Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya radang telinga. Dan berikut langkah langkah yang bisa anda lakukan :

  • Rutin berolahraga.
  • Mengkonsumsi asupan gizi yang seimbang.
  • Selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air..
  • Menjaga kebersihan udara khususnya di rumah dengan ventilasi yang cukup.
  • Selalu menghindari asap rokok.

Khusus untuk bayi, langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari radang telinga tengah adalah dengan memberikan ASI minimal selama 6 bulan serta hindari memberikan susu di botol saat bayi sedang berbaring.

Baca Juga : Cara Mengobati Radang Telinga

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih atas kunjungannya … 🙂

Waspada Bahaya Akibat Penyakit Radang Telinga Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *